Mengapa hasil alam, rempah, dan sajian khas Indonesia terbaik di dunia.

Portugis dan Belanda jatuh cinta kepada Indonesia karena keberadaan rempah-rempah yang melimpah di negeri kita. Tidak hanya sebagai bahan untuk memasak tetapi menjadi buah tangan setara dengan emas pada masanya. Menjadi wewangian di kerajan yang dipersembahkan kepada permaisuri. Jadi para penjajah ini sangat menghargai rempah yang juga digunakan sebagai aroma yang harum, baik untuk wewangian ruangan maupun pengobatan.

Mereka sangat mengerti dan memahami bahwa rempah-rempah ini sangat memiliki arti untuk kelangsungan hidup manusia. Bagaimana dengan ini? Globalisasi telah menghiasi negeri tercinta, dimengerti bahwa teknologi telah merangkul semua sisi tanpa disadari. Cepat saji menjadi teknik favorit di seluruh restorasi, dan rempah tetap punya nyali untuk diuji.

TURMERIC THE GOLDEN SPICE (KUNYIT SI REMPAH EMAS)

Kunyit adalah tanaman yang memiliki sejarah pemakaian obat yang sangat panjang, yang berumur hampir 4000 tahun. Di Asia Tenggara, kunyit digunakan tidak hanya sebagai bumbu utama, tetapi juga sebagai komponen upacara religi. Kunyit telah dimanfaatkan sebagai bahan makanan, kosmetik, dan obat-obatan. Pengolahan yang dilakukan ternyata juga berbeda-beda di setiap negara. Dapat dikonsumsi saat segar, kering, powder, dan ekstrak.

 Analisis gizi menunjukkan bahwa 100 gr kunyit mengandung:

390 kkal,

10 gr lemak total,

3 gr lemak jenuh,

0 mg kolesterol,

0,2 gr kalsium,

0,26 fosfor,

10 mg sodium, dll.

Kunyit digunakan sebagai obat herbal untuk :

Rheumatoid Arthritis, berbagai gangguan pencernaan, penyembuhan luka dalam maupun luar, infeksi saluran kemih, nyeri menstruasi, mencegah kerusakan hati, mencegah sakit Alzheimer, dll.

Kandungan kunyit telah nyata sebagai anti inflamasi, antimikroba, analgesik, anti koagulan, antivirus, anti kanker, dll.

Dosis yang direkomendasikan:
  • 8-60 gr rimpang kunyit segar 3x/hari (diperas/diseduh/direbus)
  • Simplisia (kering) 3-9 gr sehari.
  • Serbuk dalam bentuk the, dosis 1.5-3 gr diseduh dengan air (2 s/d 3 gelas) dibagi 3 dosis.
Untuk pemakaian luar:

Kunyit sudah terkenal sebagai penyembuh luka, mengurangi rasa sakit. Sampai saat ini tidak ada efek toksik (beracun) pada penelitian hewan atau manusia. Tetapi ada kemungkinan orang yang sensitif terhadap kunyit.

Kontra indikasi:

Hamil, alergi kunyit, orang dengan gangguan batu empedu.

Interaksi dengan obat:

Kemungkinan berinteraksi dengan obat-obatan yang bersifat mengencerkan darah. Secara teori zat kurkumin meningkatkan aktivitas obat-obatan tersebut sehingga dapat meningkatkan resiko perdarahan.

 

Ketika demam datang ambil 3 jari kunyit, haluskan seduh dengan 200 cc air panas, tutup gelas, minum 1 jam sebelum makan. Lakukan hal ini sehari 3 sampai dengan 4 kali. Demam berlanjut pikirkan untuk ke dokter atau ke rumah sakit, mungkin saatnya antibiotic harus masuk tubuh atas indikasi.

Ketika sedang nyeri lambung atau maag, ambil ¼ temulawak segar, 3 jari kunir putih, tumbuk halus, seduh dengan 200 cc air mendidih, tutup gelas, tunggu sampai dingin. Minum sehari 3 kali dengan dosis yang sama. 1 jam sebelum makan.

Ketika batuk menyerang peras belimbing wuluh, ambil airnya dan kecap manis, minum sehari 2 s/d 3 kali. Atau mengunyah kencur dan dihisap-hisap setelah dicuci bersih, makan bersama dengan kulitnya. Terkadang batuk sering kali menyebabkan tidak bisa tidur, caranya ambil bawang merah ditumbuk, seduh 50 cc air, saring dan tambahkan garam sedikit, minum menjelang tidur.

Badan letih lesu, kayu manis akan membantu menyegarkan kembali, 1 batang direbus bersama 3 gelas air sampai mendidih, setelahnya masukkan jahe merah 2 jari yang telah dibersihkan dan ditumbuk halus bersama daun jeruk 3 lembar. Matikan kompor lalu tutup panci tunggu sampai hangat tambahkan gula merah dan madu.

ADAS MANIS

Adas manis merupakan campuran obat batuk herbal dalam kemasan yang dapat dibeli di apotik. Rasa aslinya enak dan beraroma wangi sehingga sering dipakai sebagai penyedap masakan. Manfaatnya sebagai anti radang, anti mual, perut kembung, flu, batuk, susah tidur, dan lainnya bisa menjadi pilihan minuman rempah pilihan dengan beberapa campuran sebagai berikut :

  • 1 sdm adas manis
  • 5 butir cengkeh
  • 2 butir pekak/buah bintang
  • 5 butir kapulaga
  • 1 jumput kayu secang
  • 3 lembar daun sirih
  • 2 jari kunyit
  • 2 jari jahe
Cara pengolahan:

Semua bahan (kecuali kunyit, jahe, daun sirih) direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih, kecilkan api, masukkan kunyit, jahe yang sudah dicuci dan diparut/dimemarkan, dan daun sirih yang sudah diiris, tutup panci biarkan 10 menit dengan api kecil. Jika ingin manis masukkan gula kelapa. Minum selagi hangat, jangan lupa istirahat.

JAHE MERAH

Menjaga kesehatan dan menghangatkan badan, begitu trademark jahe yang rasanya pedas dan terkenal sebagai obat tradisional yang diandalkan sebagai bagian dari berbagai ramuan. Efek antimulannya dipakai sebagai teman untuk ibu hamil yang merasakan mual berkepanjangan, dengan mengonsumsi dalam dosis kecil. Semakin kagum akan rempah ini, semua kandungan phytokimia atau zat kimia yang berinteraksi satu sama lain untuk memberi efek baik di dalam tubuh. Salah satunya adalah asam amino arginin, yang sangat terkenal, karena manfaat yang luar biasa di dalam tubuh. Tubuh kita dapat memproduksi arginin, tetapi seiring proses penuaan terjadi maka arginin yang terbentuk sangat sedikit.

Apa fungsi Arginin?

Arginin di dalam tubuh akan berubah menjadi NO (Nitric Oxide), yaitu bentuk gas yang berfungsi melebarkan pembuluh darah, melenturkan dinding pembuluh darah dengan cara melepas zat-zat yang melekat di dinding pembuluh darah supaya terlepas dan tidak menghambat jalur lalu lintas pendarahan dalam tubuh.

KAYU MANIS

Kayu manis berkhasiat sebagai obat asam urat, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi keluhan maag, sakit kepala, perut kembung, muntah-muntah, sariawan dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Beberapa resep untuk mengatasi keluhan kesehatan:

Perut kembung

Bahan:

  • 5 gr kayu manis
  • 10 gr jahe
  • 5 butir cengkeh
  • 5 gr pulasari
  • 5 gr adas
  • Gula aren secukupnya
  • 800 cc air

Cara membuat:

Rebus semua bahan (kecuali gula aren) hingga tersisa 450 cc, saring lalu tambahkan gula aren sesuai kebutuhan. Minum sehari 3 kali, 1 jam sebelum makan.

Diare

Bahan:

  • 5 gr kayu manis
  • 5 lembar daun jambu biji
  • 600 cc

Cara membuat:

Rebus semua bahan hingga mendidih, kecilkan api, biarkan selama 10 menit, tambahkan gula secukupnya. Minum 2 kali sehari.

Jerawat

Bahan:

  • Bubuk kayu manis 1 sdt
  • Madu

Cara membuat:

Campurkan bubuk kayu manis dengan madu, oleskan di bagian wajah yang berjerawat pada malam hari. Bersihkan wajah pada keesokan harinya.

 

Romansa Rempah Indonesia  (Kekayaan Rempah Indonesia, dr. Prapti Utami M.Si.)

Leave a comment