• Q : Malam Dok. Jadi kalau sinar matahari pagi jam 7 itu masih ada UVA nya ya? Bedanya UVA dengan UVB apa ya Dok?
    A : jam 7 pagi :  UVA. Beda UVA dan UVB di panjang gelombang nya.
  • Q : Kalau berenang di kolam outdoor sekitar jam 10 itu bisa dapat vit D nya ga Dok ? Apakah warna baju yg kita pakai mempengaruhi penyerapan UVB nya Dok ?
    A : renang di kolas outdoor .. efeknya sama. Baju: bila menutupi kulit, artinya kulit terhalang mendapat UVB.. warna baju hanya menyerap panas perbedaannya (hitam dan warna gelap lebih panas) tetapi krn menghalangi kulit, sintesa vit D terhalang. kecuali kalau bahan kain lebih carang ya..
    Q : Kalau renangnya jam 10-11 tidak apa-apa Dok ?
    A : Renangnya kalau lebih dari 10 menit.. ya jangan di jam 11..ya. Coba lebih pagian.. sebelum atau setelah matahari bersinar.
  • Q : Malam dok, Mau nanya tentang berjemur…jad lebih bagus kita berjemur di siang hari sekitar 10 menit dibanding dengan berjemur pada pagi hari ya?
    A : Menurut ahlinya demikian. Karena pagi hari itu yang terpancar adalah UV A. ==>UV A sekalipun energinya lebih rendah daripada UVB tetapi penetrasi nya lebih dalam kedalam kulit (dermis) dan mengakibatkan kerusakan yang lebih pada kulit dan pada matrix collagen kulit.
  • Q : Saya vitiligo, saat kecil saya dengan rapi oles kulit putih dengan delsolaren / oksolaren .. Lalu berjemur di jam 10-11 (karena sekolah SD jadi lebih sering jam 14-15) selama 5 menit. Kadang beberapa x terbakar hingga melepuh. Terapi ini saya lakukan dari kelas 5 SD sampai punya anak 2. Dari tahun 1977 sampai tahun 1990.. Lalu saya stop karena kulit melepuh cukup parah dan saya menyerah. Saat ini kulit putih sudah 95%.. Alhamdulillah..
    Pertanyaan saya..
    Benarkah terapi jemur matahari bisa menghambat penyebaran warna kulit putih pada vitiligo..?
    Terimakasih..💐
    A..: Vitiligo menyebabkan kulit akan sangat sensitif dengan UV. Demikian juga dengan konsumsi obat-obatan (hampir semua obat tercantum didalam daftar yang menyebabkan fotoreaktif). Jadi, saran saya.. perbaiki dulu leaky gut nya ; LDHS dilakukan dengan sebaiknya). Sementara itu, ibu perlu mengingatkan dokter utk cek kadar vit D ibu. Karena Ibu sangat memerlukan vit D untuk menurunkan autoimmune nya. Jadi sementara suplemen vit D menjadi pilihan utk Ibu.. sampai ibu atasi Leaky Gut nya. Lalu beralih pelan2 ke sumber vit D yang lain: dari makanan yg mengandung vit D (merah telur, ikan, jamur (yang bebas kimia), juga ubi merah).. baru setelah remisi.. bisa berjemur
  • Q :Baiknya brp lama berjemur, dok??
    A : Berjemurnya jam 11 WIB (tapi akhir-akhir ini matahari sangat terik.. jam 10 sudah bisa).. di WIT tentu sejam lebih awal ya. Saya hanya jemur 5-10 menit.. sambil jalan2.. Saya sudah hafal.. ketika tubuh sudah memproduksi vit D, ada rasa seperti hangat di tubuh dan rasa nyaman, karena endorfin keluar. Endorfin ini juga yang sangat baik, mengatasi stress, bersifat sebagai antidepresan alami.
  • Q : Malam Dok., maaf kalo sedikit OOT.
    Apa aturan berjemur itu berlaku juga untuk bayi & anak-anak non AI (ataupun yang keturunan AI – tapi tidak/belum AI)?
    Selama ini kita kan menjemur bayi pagi-pagi jam 7an, & anak-anak kita juga diajak beraktivitas (termasuk pelajaran OR di sekolah) supaya terkena matahari pagi (umumnya smp maks jam 10).
    A : Ajak main sebentar di jam 11.. cuma 3-5 menit.. gitu
    Hanya 1/3 bagian kulit tubuh saja. Bila dibuka lebih banyak (pada bayi.. ) ya bisa lebih sebentar kan bu.. 2 menit-3 menit
  • Q : Tanya ya.. Saya psoriasis. Saya disarankan dokter saya unt fototerapi.
    Sy fototerapi di rsud banyumas. Dah 60kali lebih… sekarang dosis dah mulai diturunkan.
    Yang saya tanyakan. Kalau sudah fototerapi, apa aperlu berjemur lagi?
    A : Saya pikir tidak perlu..kalau sudah fototerapi. Ikuti saran dokter. Cek kadar Vit D secara berkala. Apakah ibu masih konsumsi obat?
    Q : Masih suntik mtx tapi dosis bertahap diturunkan.  Juga diberi salep oles racikan untuk yang masih merah-merah. Diberi cetirizine apabila terasa gatal.
    A : Semoga bisa segera remisi ..Bila Ibu ingin mencoba jalur alami, ibu bisa coba: spray air enceran cuka apel untuk yang gatal. Berganti2 dgn aloe vera.. dan vico. Saya pernah alami alergi parah setengah badan.. saya coba tanpa obat antihistamine dan tanpa anti radang. Bisa sembuh .. sama seperti kalau saya pakai obat. Di hari ke 5. tapi saya rajin dan konsisten lakukan berkali-kali sehari. Yang ingin dicapai adalah, bisa menhhindari obat.. karena pertimbangan saya adalah penggunaan obat-obatan menyebabkan LEAKY GUT . Dan siklus berulang terus.
    Tentunya.. dengan catatan: LDHS diterapkan dengan baik
    VCO itu bersifat anti jamur, antibakteri alami. Juga mengandung antioksidan. Aloe Vera memiliki calming effect.. sangat baik utk kulit. (Aloe Vera nya taruh di kulkas semalam sblm digunakan utk olesan). Air cuka apel berfungsi utk detox dan juga sumber probiotik.
  • Q : Wah brarti selama ini berjemur yang jam 7-9 pagi malah salah😂
    A : Iya bu.. diubah saja.. tp batasi waktunya. Karena itu terik-teriknya kan. Jangan lupa pakai topi lebar
  • Q : Malam dokter,, kalo kita lagi keluar / di jalan diantara jam-jam segitu apa itu termasuk berjemur ya dok…
    A : Iya.. termasuk. Kaki dan tangan kena matahari langsung.
  • Q : Malam bu dokter,  saya mau tanya soal berjemur vs hyper ige dikarenakan kulit saya tipis tanpa barrier seperti orang umum apakah mungkin jemurnya jam 10 dimana sun sudah tinggi dan panas,  Apakh tidak jadi potensi flareness?
    A : Masih konsumsi obat? ada fotoreaktif untuk obat-obat yang dikonsumsi ya.. hampir semua. Namun bila tidak konsumsi obat, perbaiki dulu leaky gut nya.. LDHS, baru coba dengan berjemur sangat singkat.. di awal pada jam UVB ada. Sangat singkat.. Coba beberapa detik. Oleskan VICO sebagai tabir surya .. lalu siapkan Aloe Vera dan air cuka apel yg diencerkan. Lalu lakukan jemurnya untuk kulit yang sensitif, tidak tiap hari.
  • Q : Selamat malam…ibu saya umur 87 tahun menderita parkinson.  Dokter menganjurkan minum vit D3 1000 1×1. Menimbang efek sampingnya mengantuk & kelelahan, saya menjadi concern takut double effect, karena orang parkinson khan mengantuk dan lelah.
    A : Obat Parkinson juga bisa menyebabkan fotoreaktif.. jadi bila berjemur di jam 11.. waktunya dimulai dengan sangat singkat. Bila belum bisa terkoreksi kadar vit D nya, konsumsi vit D suplemen masih diperlukan. Leaky Gut saya pikir juga terjadi di Ibunya ya.
    Bila kekurangan vit D.. pembuluh darah (termasuk jantung) akan menurun fleksibilitasnya.. bisa aritmia, selain juga osteoporosis.  tetap konsumsi makanan yang mengandung vit D, juga omega3 (saya pilih sumber alami) untuk perbaikan membran sel dan otak
  • Q : Malam bu dokter, saya RA biasa berjemur antara jam 8 sampai jam 10 apakah baik? karena saya baca untuk mendapatkan uv-b berjemur jam 10 – 11
    A :  Jangan sebelum jam 10.itu UVB
    Saya biasa jam 11.. tapi hanya 5-10 menit. Kira-kira 1/3 bagian tubuh yg kulitnya kena sinar matahari yakni kaki dan tangan. Bika memungkinkan lebih terbuka.. tentu waktunya akan lbh sbntr. Nanti terasa kok bu.. badan hangat.. keringatan padahal tidak bergerak yang heboh..dan terasa nyaman
    Q : Kedua orang tua saya pasti ada LG dokter…tapi susah sekali atur pola makan hidup sehat
    Vitamin D3 dari sumber alami apa aja ya dokter?
    A : Ikan, telur, beberapa jamur, susu (yang benar2 organik dan raw), ubi merah,Q : Saya mengidap vaskulitis..makanan pantangan dari dr. Nanang sea food dan jamur..kalo saya makan ikan air tawar bukan ikan laut boleh kah?
    A : Sekarang makin sulit menemukan ikan yang benar-benar bebas pencemaran. Ikan air tawar kebanyakan juga sudah pakannya pakai pelet. Kecuali Ibu bisa dapatkan (pelihara) ikan air tawar yang pakannya sayur-sayuran..
    Jamur juga memang harus sangat selektif, karena jamur mensintesa makanannya sendiri dari udara di sekitarnya.. sementara udara sudah semakin polusi. Jadi tidak heran jamur menjadi pantangan juga. Kalau memang vaskulitis.. Ibu usahakan cek vit D nya ya rutin. Karena kurangnya Vit D menyebabkan menurunnya fleksibilitas pembuluh darah. Tentu menjadi concern bila ada radang di pembuluh darah low (0-2) moderate (3-5), high (6-7), very high (8-10) dan extreme (>11). Apakah UV index juga berpengaruh thd kepekaan kulit thd paparan sinar matahari? Di taipei sudah mau masuk summer.  Dari pengalaman saya, saya sangat “macho” gagah perkasa keluar rumah saat winter, tapi makin loyo saat masuk summer. Saya menggunakan jaket super dry dan anti UV saat summer agar tetap bisa beraktivitas di luar rumah. Tapi saya akan memilih diam di rumah saat di luar menyengat dan UV index tinggi. Saya sudah minum vit D3.
  • Q : Kaauo saat puasa waktu konsumsi vitamin D diganti setelah sahur bisa?
    A : Saya pikir ga masalah, bu.. Ibu masih konsumsi obat?
    Q : Kebetulan gak ada obat yg dikonsumsi, hanya vitamin D saja
    A : kalau Ibu engga ada masalah dengan berjemur, tentu berjemur akan sangat baik.. secara alami tubuh mensintesa vit D, dan tubuh juga akan (bila tidak ada masalah organ tubuh) mengatur range normalnya. Sementara, suplemen bila overdosis juga akan ada efek samping, krn itu perlu secara rutin cek kadar vit D
    Q : Untuk berjemur gak masalah, cuman kadang waktunya gak banyak, kadang kalau lari sore baru bisa berjemur
    Untuk pengecekan kadar vitamin D rutinnya itu gmn yah? 3 bln sekali atau per brp bulan?
    A : Berjemurnya jangan dibayangkan sampai lama ya Bu.. cuma 5 menit aja.. sambil jalan2.. kulit kaki dan tangan kena matahari.. sambil rehat sebentar..
  • Q : Hasil lab saya awalnya D3 hanya 8,2 setelah minum D3 1000x 2 ,C95 polavit dan provelin dan myfortic 2×1  Selama 6 bulan meningkat di 19.6 tapi saat ini setiap habis bergerak saya sering sesak apakah krn pengaruh obat” an?
    A : vit D nya harus lebih tinggi lagi ya. Lalu LDHS nya.. lalu atasi leaky gutnya…
    Q : Apakah hrs minum yg 5000 iu?
    A : Obat-obatan diberikan untuk mengatasi hiperaktifitas sisitim imun, tetapi di pihak lain, juga obat-obatan tentu memiliki efek samping. Sebisanya segera remisi. Nnanti kalau tiba waktu kulwap saya ttg mengatasi leaky gut.. segera terapkan ya.. smntr LDHS dijalankan.
    Q : Baik..saat ini kondisi saya tdk kuat terhadap panas ..badan selalu dingin dan lelah
    A : Perlu perbaikan nutrisi dan makan sehat yang benar-benar bisa membantu perbaikan leaky gutnya ya bu.. LDHS
    Coba ibu cari telur yang benar-benar ayamnya diberi pakan yang alami tanpa kimia.. sepertinya Ibu perlu Omega 3 alami. Telur yang baik itu mengandung nutrisi lengkap (kecuali vit C) .. nanti coba cek.. bagaimana cara memasaknya di FB Smile ITP.. agar Ibu mendapatkan manfaatnya. VCO jangan tidak ya..
    Q : Saya mengkomsumsi telur dengan omega tapi belum memperhatikan pakannya.. Terima kasih ibu Atas sarannya🙏 Apakah untuk saya berjemur disarankan,krn kalau terkena panas saya merasa lelah keringat dan sesak.
    A : Jangan dulu ya.. remisi dulu. Konsumsi Vit D suplemen dulu.. dan makanan-makanan yang mengandung vit D. Atasi leaky gutnya segera.
  • Q : Jadi paling bagus jam berapa dan untuk Indonesia sesuai WIT..WITA…WIB…?
    A : WIB : di jam 10-11 sampai jam 14-15
    WITA WIT nya bisa cek di latitude di google utk tepatnya (yang saya cek di WIB). Ada apps nya untuk cek latitude. Di Iphone malah bisa (katanya) cek langsung
    Patokannya Latitude nya lebih dari 50 derajat
    Panduan: Cek di travel math : (www.travel.math.com) lokasi dimana Bpk / Ibu berada. Nanti didapatkan : Misal Bali: 8drjt 25″ 23″” S; 115 drjt 14′ 55″ E. nanti … lalu masuk ke U.S Navy Site untuk menghitung table dimana waktu, hari dalam tahun 2017 yang menunjukkan 50 derajat matahari dari horizon.
    Untuk pengguna Iphone atau Ipad , bisa download free app yang bernama “D Minder” yang akan menghitung untuk kita waktu yg tepat untuk berjmur
    Q : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ontometrics.dminder
    Ini bukan dok?
    A : Bu Sarah.. iya bu.. dicoba deh. Saya kemarin pakai yang travel math lalu cari ke US NAVY (tapi barusan saya coba kok ga bisa).
  • Q : Bu dokter,  saya Ai IBD,  berjemur di jam-jam dibatas sudah saya lakukan setelah saya jogging ringan atau jalan cepat selama 30 menit /hari.
    Saya sudah pasang stan jantung,  menambah vit D dari makanan antara lain dari telur yg bu dokter sarankan,  apakah tidak menyebabkan penambahan colesterol. Konsumsi vit. D3 dari dr.  Nanang rutin saya minum 2x sehari
    A : Telur sangat aman utk dikonsumsi. Tmsk merah telurnya .
    Asal benar cara masaknya
  • Q : Malam bu dokter, saya RA, dan saat ini lutut kanan saya terutama sering kaku, kadang lemas kalau duduk kelamaan. Kira2 saran dari bu dokter untuk memperbaiki kondisi ini apa ya dok? Terima kasih sebelumnya
    A : Perlu total healing.. yang saya gunakan adalah natural healing lewat makanan.
    Dengan kolagen dari kaldu tulang.. dgn omega 3 dari telur, probiotik live (kefir air kelapa, kimchi / Sauerkraut), dgn good fats (VICO), dgn herbal anti radang alami..
    Itu 3 – 4 sesi sendiri..

 

Narasumber diskusi:
Yonita Chandra, DVM, MBA

I LOVE TO LEARN

WAG LDHS Family-IAC
Jumat, 26 Mei 2017
Jam 19.00-21.00 WIB

LDHS Pilar no. 4: Terus Belajar

 

Leave a comment