Narasumber diskusi: Susan Hartono MSc, CHt 
Dewan Pembina Marisza Cardoba Foundation 

I LOVE TO LEARN WAG KELUARGA LDHS 
Rabu,  18 October 2017 
Jam 18.00-20.00 WIB 

LDHS Pilar no. 4: Terus Belajar
  • T: Selamat malam Mbak Susan. Saya ingin menanyakan mengenai diet yang melibatkan suplemen. Sering saya jumpai orang-orang yang menggantikan asupan, misalnya sayur, dengan suplemen-suplemen yang katanya kandungannya melebihi sayuran asli hanya karena tidak suka makan sayur. Atau misalnya juga asupan buah, protein, dsb dengan suplemen. Bagaimana tanggapan Mba Susan mengenai ini?
    Dan bagaimana kah ketentuan menggunakan suplemen? Cara memilihnya? Ada beberapa merk yang santer dibahas dengan iklan “suplemen yang mampu mendidik imun” namun kenyataannya respon tubuh Pasien berbeda. Mulai dari cocok, sampai kematian.
    J: Mba Marisza, selalu diutamakan mencukupi kebutuhan nutrisi melalui makanan dahulu. Benar, seringkali suplementasi dibutuhkan dalam proses healing termasuk AI , tetapi tdk lah utk menggantikan makanan. Jika memang seseorang membutuhkan suplemen, maka upayakan sekali hanya mengkonsumsi yang berkualitas. Ranah suplemen sebetulnya cukup complicated karena melibatkan dosis, time of consumption, absorption, ingredients nya sendiri dan processingnya. Ada banyak faktor dlm menentukan good suplemen. Bagi AI khususnya, periksa apakah suplemennya mengandung gluten, soy, dairy, pewarna, flavoring, dll. Suplemen sering mengandung hidden gluten dan zat aditif. Penggunaan suplemen sebaiknya under supervision dan personalized.
  • T: Saya juga ingin menambahkan pertanyaan seputar produk hewan kaki 4 dan turunannya, kenapa ODAI harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya?
    Apakah terbatas pada Hewan berkaki 4 saja atau bagaimana? Kriteria memilih asupan protein hewani yang alamiah
    J: Ini terutama dikarenakan sulit dicari daging sapi ( kondisi peternakan sapi) yang ‘sehat’ (grass fed); kondisi sapi saat ini rentan anti biotik, hormon dll…selain dari pada sapi yang stress. Kondisi daging seperti ini akan memicu inflamasi
  • T: Kalau boleh mau menambah pertanyaan.
    Semua orang yang terbiasa mengkonsumsi 5P (Perasa, Pewarna, Penyedap, Pengawet, Produk rekayasa genetika/GMO) dan gluten… Agak sulit move on ketika mengetahui semua Itu adalah pantangan bagi ODAI (orang dg autoimun).
    Kenapa sih 5P dan gluten harus dihindari? Apakah berlaku bagi ODAI saja?
    Dan bagaimana tanggapan Mba Susan tentang keto diet utk ODAI ? Apakah aman?
    J: Penerapan diet keto perlu memahami protokol nya dgn benar mba. Tidak jarang saya menemui penerapan diet keto yg tdk tepat. Diet ini plg cocok untuk epilepsi dan masalah2 neuro. Tetapi saat ini lebih banyak ditujukan untuk weight loss. Apakah diet ini serta merta cocok utk semua orang khususnya AI, ada banyak pertimbangannya. Perlu monitoring utk mendapatkan nutritional ketosis yang tepat. Bila dilakukan tidak tepat, akan ada konsekuensinya. Free dari 5P sebetulnya untuk semua orang…yang sehat sekalipun. Makanan GMO berdampak buruk bagi kesehatan. Gluten sebetulnya tidak mudah dicerna bagi siapa pun, tetap baik untuk diminimalisasi sekalipun tidak dihindari.
  • T: Saya setuju sekali dengan ini. Tapi ini menjadi hal yang sulit bagi saya untuk menjalaninya ketika saya harus berada beberapa hari di rumah penduduk di desa2..di daerah. Saya mau tidak mau harus memakan semua yang sudah disediakan oleh tuan rumah. Bagi orang di desa akan sangat tersinggung kalo saya memasak sendiri atau membawa makanan sendiri. Tapi ini akan berakibat juga pada pencernaan saya. Adakah saran dari bu Susan untuk masalah ini? Terima kasih.
    J: Mungkin ‘terpaksa’ jujur dan menjelaskan kondisi kesehatannya bu, serta mohon ijin membawa bekal sendiri…tetapi yg terpenting adl niat dan doa behind everything bu.
  • T: Diet dgn akupuntur apakah aman? Atau radio frequency
    J: Akupunctur dan frekuensi dapat dipadupadankan dgn medis, pola makan dll…disini yg terpenting adalah providernya.
  • T: Selamat sore Bu Susan, untuk penderita AI, jika kita menerapkan makan dgn jendela makan tertentu apakah aman? Misal seperti Diet OCD. Thanks
    J: Bisa dicoba bu. Jangan mengagetkan. Ini serupa dengan prinsip ketogenic. Tetapi bukan jedahnya yang semata2 penting, tetapi kualitas makanannya saat berbuka bu. Tetap perlu pantangan khusus utk AI.
  • T: Maaf Dokter.. semenjak saya di diagnosa ITP agustus lalu.. lalu di disuntikkan MP 16mg waktu rawat inap.. BB saya yang awalnya gemuk dengan berat 78kg langsung turun ke 65 Kg sekarang di rumah jadi 68 Kg sudah beberapa minggu masih tetap juga 68 Kg padahal sudah remisi sejak 3 minggu lalu Jadi 4 mg MP.. Itu kenapa ya?
    J: Apakah selain bb yang turun, ibu merasa lebih baik kondisinya? Apakah ada lifestyle dan pola makan yang berubah?
  • T: Iya lebih baik trombosit dan HB naik.. dulunya olahraga tiap hari.. sejak sakit tidak pernah sama sekali.. BB turun jadi kurang bertenaga dokter…
    J: Keseluruhan calorie matters juga bu. Perlu diteliti dulu.
  • T: Tanya dokter, saya kelebihan berat badan 10 kg, susah mau turunnya padahal makan nasi hanya 1x siang saja selebihnya banyak makan buah. Saya ITP dan sekarang sedang mengalami bluding juga maag saya kambuh sampai dada sesek…. Diet yang baik yang seperti apa yah…..
    J: Ini perlu di asses dulu apa saja pemicu inflamasi nya bu. Di luar mengurangi karbo, perlu kita cari yg lainnya bu. Faktor stress tentu juga sangat berperan.
  • T: Dokter, bisa tolong diinfo menu makanan yang dapat bantu mengatasi peradangan & nyeri sendi ? Saya penderita RA
    J: Untuk tahap awal adalah eliminasi semua triggering foods pemicu flare bu. Umumnya yang harus dihindari adalah gluten, dairy dan processed foods. Ini untuk semua kasus AI bisa diterapkan sbg tahap awalnya.
  • T: Sore dok…..  Saya dengan itp dan sudah dapat remisi…  Ttp BB saya sejak knosumsi methil sampai sekarang udah remisi nggak turun2 BB…  Adakah saran dari dokter?
    J: Apakah masih tinggi karbo dan kurang sayuran bu? Apakah kurang minum? Pola tidur bagaimna?
  • T: Kalau tidur emang tidak teratur dok,  Apalagi klo shift malam
    J: Ooo..pola tidur yang tidak teratur dapat mengganggu metabolisme bu. Ini perlu diatasi/siasati lebih lanjut
  • T: Slamat mlm dok, sy mau tnya makanan yg hrus dihindari utk penderita evan syndrome itu apa aja dok? Ibu saya baru didiagnosa dokter evan syndrome dok..
    J: Tahap awal, panduan eliminasi utk AI general bs berlaku bu. Stop semua yg processed foods. Blm ada khusus diet evan synd
  • T: Kalau utk konsumsi susu kedelai boleh dok? Stiap hr harus makan sayuran hijau ya dok?
    J: Susu kedelai tdk begitu disarankan bu. Kedelai bnyk zat antinutrisinya. Tp jk sesekali mau, harus pulih kedelai lokal non GMO
  • T: Sore bu Susan tanya dong untuk larangan makanan, buah dan sayur apa saja yg boleh dan tidak untuk APS
    J: Sayuran yg tinggi vit K spt bayam, kale , broccoli, seaweed dll perlu berhati2 walau jgn dielimiinasi lgsg. Hati2 dgn stimulan.
  • T: Kalo sendi suka berbunyi kadang agak nyeri kalo d pake olahraga gmn solusinya
    J: Coba dibantu eliminasi gluten dan asupan omega 3 bu. Tp ini umumnya saja
  • T: Malam Dok.. Dokter kalau menghindari makanan berdasarkan test food sensitivity (222 food prodia) apakah efektif ? Bagaimana dengan biji2an apakah harus dihindari ? Dulu saya pernah mulai minum smoothies dengan sayur kale/pakchoy/bayam mentah. Tapi jadi sembelit. Kenapa ya dok ? Terima kasih
    J: Food sensitivity belum ada yang bisa check lengkap bu. Efek nya bisa tidak langsung dan obvious. Biji2an bisa dicoba, satu per satu. Legumes dan kacang2an perlu direndam dulu.  Penyebab sembelitnya bisa jadi karena inflamasi nya belum teratasi, kurang air minum, dll. Tinggi fiber perlu dibarengi dengan air putih  yang cukup.
  • T: Oya dok apakah benar biasanya ODAI ditemukan juga banyak infeksi jamur dalam sistem tubuh. Saya ditest infeksi candida albicans. Bagaimana mengatasinya melalui diet. Sedangkan saya tidak bisa minum jahe maupun kunyit yang harusnya anti jamur. Karena akan flare. Terima kasih Dok..
    J: Benar bu. ODAI rentan infeksi termasuk jamur. Salah satu yang musti dieliminasi adalah gula, karbo berlebih, ragi, dan baik untuk konsumsi rutin probiotik bu. Oya, perbanyak sayuran, bila memungkinkan yg mentah (juicing)
  • T: Kalau masalah saya tidur suka susah gak bisa tidur padahal dalam kondisi capek..kenapa ya dok??
    J: Banyak faktornya mba, diantaranya stress level, situmulan, dan inflamasi itu sendiri. Terkadang side effect dari obat tertentu pun bisa. Musti diamati detail mba.
  • T: Diet keto untuk masalah2 neuro spt apa ya mba susan
    J: Diet keto awalnya adalah untuk terapi epilepsi mba. Yang mendapat manfaat terapi keto diet umumnya seperti alzheimer, parkinson, sering kejang, beberapa kasus ADHD, MS, AI terkait saraf
  • T: Kalau minum susu yang tulisannya mengandung kalsium dan vit D3 bagaimana?
    Karena waktu pulang dari rumah sakit, saya disuruh minum susu ga boleh lewat, penting katanya.
    Apa harus dieliminasi juga. Karena susunya dari turunan susu sapi mungkin? Bagaimana dengan susu uht? Apakah harus dieleminasi juga?
    J: Bila AI tdk disarankan dairy bu. Asupan kalsium dan D3 nya jgn dr susu fortifikasi.
  • T: Mba.. klo aku kena behcet n sjogren ga blh minum susu uht oleh dokter nanang sukmana..
    J: Ya bu…susu apalagi uht is no no..hahaha
  • T: Selamat malam mba’ Susan…Apakah benar bayam & kale harus dimasak singkat sebelum di jus?
    J: Bagi yg perutnya belum kuat makan raw foods, iya mba. Baiknya dimasak cepat untuk mempermudah digestion.
  • T: Selamat malam Mbak Susan, mengenai nightshades plants dan mendengarkan tubuh: bagaimana bila saya merasa tidak ada reaksi flare, alergi, atau sensitivitas ketika mengkonsumsinya? Masihkah perlukah saya menghindari produk2 nightshades plants?
    FYI, 5 tahun lalu saya sudah pernah tes alergi, dan kebetulan tidak ada nightshades plants yang termasuk dalam daftar allergen saya.
    Terimakasih banyak untuk penjelasannya…
    J: Jika demikian, boleh dicoba satu per satu bu. Jgn sekaligus
  • T: Selamat malam Mbak Susan. Saya AI Hashimoto..ada makanan yang harus saya hindari selain makanan pantangan AI yg umum yaitu makanan goitrogen, makanan yg menekan fungsi tiroid. Salah satunya adalah kedelai. Saya jadi kesulitan mencari sumber protein nabati lain yg bisa saya konsumsi. Selain jamur apalagi sumber protein nabati yang baik yang bisa saya konsumsi? Terima kasih.
    J: Bisa dicoba kacang2an (rendam dulu),  dan biji2an mba. Bone broth/ kaldu tulang dari sumber ayam yg benar baik sekali. Utamakan fermented foods.
  • T: Malam Dok. Apakah diet GM aman untuk penyintas autoimun jika susunya diganti dengan almond milk ?
    J: Mba Muliany, maaf GM singkatan dr apa disini mba?
  • T: bu…bagaimana dengan juice detoks tanpa makanan yg lain utk 3 hari.
    J: Bisa dicoba bu…sebetulnya detox dengan sayuran relatif aman. Jika ditambah bone broth akan lebih baik.
  • T: Ibu Susan ..diet untuk penyakit lambung apakah memang tidak boleh buah dan sayur juga susu..
    J: Buah dan sayuran harusnya tidak masalah bu. Tentu pilih yg tidak asam untuk bush khususnya di awal hari. Untuk sayuran, mungkin belum bisa raw foods. Naah susu hewani, baiknya dihindari
  • T: Malam bu susan… Saya selama ini menghindari pengawet perasa dan pewarna dan pedas.. Saya tidak ada pantangan sama sekali dgn makanan yang lain (tidak alergi). Hanya mengusahaan makanan yg fresh non peptisida. Tetapi baru2 ini sy coba menghindari susu sapi dan mengganti dengan hi protein kacang polong dan kedelai (maaf menyebutkan merek : nutrilite).. Bagaimana pendapat ibu..? Dikomposisi hanya ada : isolat protein kedelai, protein gandum, protein kacang polong dan anti kempal dioksida..
    Terkait dengan hiden gluten dan zat aditif di sini bagaimana seharusnya saya menyikapi.. Balik ke susu sapi (yg rentan anti biotik dan hormon) atau menggunakan serbuk ini yg biasa sy konsumsi campur dengan sayur dan minuman lainnya..
    Mohon pencerahannya dan terima kasih, bu
    J: Selalu dahulukan dari makanan langsung bu. Jika memang ingin memakai protein powder sebagai tambahan, saya akan sangat berhati2 memeriksa tiap ingrediennya bu. Zat aditif sering digunakan dalam powder foods bu atapun makanan yang shelf life nya lama. Inilah mengapa perlu diutamakan makanan whole foods (alami, fresh, minimally processed).
  • T: Selamat malam mba susan, penyakit saya ibd dan sampai sekarang makanan yang saya konsumsi terutana buah buahan hanya alpukat dan pepaya dan berat badan saya turun terus karna tidak ada lemak yang di konsumsi yang saya mau tanyakan adalah:
    Makana apa tang aman dan dapat menaikan bb saya, dan kenapa alasan nya tomat, kentang dll tidak baik di konsumsi mba mungkin itu aja pertanyaan saya sebelumnya saya ucapkan terimakasih
    J: IBD perlu bersabar bu (sebetulnya dalam tiap kasus AI), saya perlu melakukan assement detail bu. Nightshades mengandung alkaloids, saponin, lektin dll yang dapat memicu inflamasi pada sebagian kasus AI bu.
  • T: Selamat sore bu Susan…
    Bu…kalau untuk orang dewasa, kita bisa mencoba makanan dan merasakan gejalanya. Bagaimana kalau untuk anak kecil ya? Apakah ada cara untuk mencari diet yang terbaik bagi anak tsb?
    J: Sore bu…
    Yang terbaik untuk anak2 adalah menerapkan whole foods- all natural foods bu. Fokus disini adalah segala sesuatu yang alami/ senatural mungkin, ataupun diproses minimal. Tanpa zat aditif apapun.
  • T : Selamat malam mbak Susan. saya ingin menanyakan tentang diet untuk penyangdang ai.apakah selain menngkonsumsi makanan tertentu diet dalam bentuk olahraga apa diperbolehkan? kalau iya apakah jenis olah raganya yang aman……terima kasih
    J: AI penting untuk tetap aktif bergerak jika memungkinkan, tentu tidak boleh ngoyo. Yang terpenting adalah tdk sedentary. Olahraga apapun yg bisa dan menyenangkan, bisa dicoba. Yg penting sustain dan happy saat melakukannya.
  • T : Bu Susan, saya penderita hyper ige, ige atophy saya, semua ada nomornya😊bingung jd mau makan apaan? Skg udh tdk makan gluten dan beras, tapi masih bingung kudu diet seperti apa ya?? Kalo kumat, gatal seluruh tubuh dan sering demam..saya pun sering kembung dan asam.lambung baik…thks in advance.
    J : Berarti trigger nya msh banyak yg hrs dicari bu. Akan menolong utk membuat food journal. Faktor stress dan emosi jg besar kaitannya dgn flare bu.
  • T: Sore Bu Susan.. sy prnh mencoba diet food combining, paleo, keto.. sebetulnya diet yg benar itu seperti apa..yg sy mau diet utk.menjadi sehat karena untuk Ai alergi makanan aja individual, masing-masing berbeda alerginya. tolong berikan standarisasi brkt penjelasannya.terima kasih bnyk🙏🏼🙏🏼
    J:  Utk kasus AI, prioritas eliminasi triggering food sensitivity dan alergy nya dulu bu. Food combining dll yg diadjust dgn pantangannya bu. Prinsip food combining sendiri bagus. Keto dan paleo, jg punya benefitnya masing-masing bisa diterapkan utk AI tp perlu dipelajari dgn seksama. Contohnya tdk bisa semata2 makan kaki 4 krn kondisi sapinya, apa minyak yg dipakai.
  • T: siaap Bu.. utk minyak sy usahakan pakai minyak zaitin andai kan engga..pake mnyk biasa 1x pakai..udah betul belum? makan daging sapi juga diolah tanpa kecap..seringnya bumbi rendang
    J: Gunakan minyak kelapa murni bu, lebih bagus lagi😊
  • T: Salam kenal saya didiagnosa lupus dan RA. Tentang diet keto saya ingin berbagi cerita. Saya sempat nyoba. Alhasil masuk rumah sakit karena dehidrasi dan hasil lab kalsium dan kalium ikut terbuang. Jadi kalo yang mau nyoba diet keto dipikirkan lagi. Terimakasih.
    J: Benar, tidak semata-mata baik untuk semua orang. Ada banyak kondisi yang perlu diperhatikan sebelum mencoba keto diet. Elektrolit pun bisa drop jika tidak hati-hati. Sering juga protokol keto yang original tidak dilakukan.
  • T: Selamat malam Dokter Susan. Saya sudah coba beberapa pola diet sebelumnya food combining, Prof Hembing, Dr Tan dan ketofastosis untuk jangka pendek. Sekarang baru di LDHS. Saya sudah dari dulu sebelum LDHS sudah tidak menghindari 5P, junkfood dan gluten.
    Yang agak bingung kenapa nightshade plant dilarang? Ada jurnalnya? Apakah berlaku larangan untuk 150 jenis autoimun atau golongan tertentu saja ? Ikan laut dan ikan air tawar benarkah larangan keras? Karena kalau mau benar benar bebas toxin saya kok ragu ya. Apa masih ada ikan yang bebas pencemaran? Bukankah tubuh manusia punya ambang batas toleransi untuk clean up toxin ?
    Jika untuk makan saja menghabiskan energi yang banyak untuk mencari ikan mas 100 % organik, terlalu menguras waktu hanya untuk makan saja. Orang hidup kan ada kesibukan lain dok? Diet yang realistis relatif gampang dicari. Kasian kaan AI yang tidak mampu untuk beli produk organik?
    Satu lagi penasaran saya. Ada living proof kah yang benar lepas obat total karena mengikuti pola makan khusus AI ini ?
    Adakah disini yang benaran sembuh pulih seperti semula? Atau hanya kondisi remisi ?
    J: Untuk issue seputar ikan, Dokter Yo mungkin bisa bantu ya. Nightshades, AI ada yang bisa tolerate, dan ada yang tidak. Dalam kasus AI, sudah banyak contoh yang bebas symptoms (reversing) tanpa minum obat lagi bu, dengan LDHS dan stress manajemen yang penuh determinasi.
  • T: Malam Mbak Susan, saya hanya mau bertanya mengenai air minum. Baikkah menggunakan air mineral kemasan untuk penggunaan minum dan masak hari-hari atau lebih baik memasak air PAM saja? Saya selama ini menggunakan air kemasan karena terkadang melihat air yang dari pipa berbau dan warna tidak jernih. Tapi pernah kebaca mengenai kandungan fluoride yang tinggi di air kemasan.
    Kemudian air yang diklaim memiliki pH alkali apakah baik dikonsumsi tiap hari oleh Ai?
    J: Mengenai air minum, issue nya belum terpecahkan bu😅. Kompleks pengadaan dan issuenya.  Memang harus cari supplier yang paling aman. Intinya yang diinginkan adalah air bermineral (bukan 0 mineral) dari mata air. Air alkali pun tidak baik bila sering-sering diatas 9. Juga jangan drastis mencobanya, jika belum pernah. Bagaimanapun juga, air alkali tidak dapat menggantikan makanan whole foods yang fresh (dan makanan yang memberi efek alkali) khususnya sayuran.
  • T: Selamat malam Mbak Susan, saya mau nanya. Adakah rumusan berat badan ideal dengan tinggi badan?
    Apakah berat badan yang ideal ada pengaruh signifikan terhadap kesehatan terutama kita sebagai (ODAI)?
    Bila kita sedang menjalani diet, namun berat badan nggak turun-turun (perut tetap buncit) apa pnyebabnya & apa yang harus dilakukan? Makasih 🙏
    J: Rumusnya ada mba, tapi itu sangatlah umum, misalnya dengan BMI (bb dalam kg: tinggi2 dalam meter). Bb ideal tidak semata2 menentukan fat%, dan status kesehatan seseorang. Namun tetap baik diturunkan apabila seseorang obese atau benar-benar over weight.  Perut buncit, erat kaitannya dengan kualitas/ jenis makanan, inflamasi dan stress bu.
  • T: Selamat malam Mbak Susan. Saya mau tanya kopi, teh, nasi putih/merah, oatmeal boleh dikonsumsi yang terkena SLE/ LUPUS?
    Apakah semua buah dan sayur boleh dikonsumsi?
    J: Baiknya ini dihindari bu. Buah dan sayuran, iya ‘relatif aman’. Pilih sayuran bebas pestisida.
  • T: Selamat malam Dokter. Saya mau tanya apa AI jenis SS dan atau IBS membuat badan menjadi kurus? Apakah keturunan berpengaruh terhadap berat badan seseorang? Terima kasih.
    J: 1/ bisa bu. Mesti diteliti keseluruhan pola makannya.
    2/ juga bisa bu😊
  • T: Apakah diet keto itu dok?
    J: Diet sangat tinggi lemak (60-80%), moderate protein (sekitar 20%), sangat rendah karbo (5% maks). Tubuh akan menggunakan asam lemak/ ketone bodies sebagai sumber energi utamanya.
  • T: Kl ada asma, GERD, hyperthyroid cocoknya diet apa doc?
    J: Ibu Noor, utk ini perlu dicari trigger nya dulu. Hormon balancing juga menjadi prioritas. Yg pasti, processed foods dan terlalu tinggi gula hrs dihindari.
  • T: Test allergi 20th yg ll & brsn sama  positif allergy tungau debu rmh 4+. Sesdh sekian lama muncul gerd n thyroid grave disease. Skrg msh minum thyrozol 5mg sehari 2x
    J: Yg pasti stop gluten dulu bu (semua gandum dan turunsnnnya) jk belum.
  • T: Kebetulan anak saya mmg banyak alerginya.  Biasanya cookiespun sy buat sendiri sesuai alerginya. Tepung apa yg aman unt penyintas AI bu Susan. Trm ksh
    J: Contohnya bs coba tepung singkong, mocaf, ubi, sorghum bu.
  • T: Malam bu Susan..apakah buah mangga yg menkel yg tdk manis..dan buah nanas yg tdk matang  ..semangka yg pas tdk manis…jg tdk baik utk dikonsumsi..terima kasih🙏
    J: Pada umumnya tdk masalah bu. Tp bila pencernaan blm kuat, blm bs dipaksakan bu. Perlu yg matang dulu..
  • T: Dear Mbak Susan benarkah ODAI khususnya penyintas scelederma perlu membatasi konsumsi garam?
    J: Lbh kpd garam meja bu.
  • T: sore mbak susan… bgm dgn buah gula tinggi spt mangga… … apa bisa jg menambah inflamasi tubuh?
    J: Buah bila berlebih dpt memicu inflamasi bu. Tetapi keseluruhan makanan yg dimakan juga penting. Dan buah baiknya dikonsumsi sendirian.
  • T: Bu Susan
    Selain kaldu atau bone broth utk membantu memperbaiki leaky gut pada para Odai , makanan apalagi yg paling baik utk healing Leaky Gut?
    J: Probiotik bu.
  • T: Mbak Susan … saya lg minum ciak po ( ayam arak ) dan minum air ginseng …. apakah ini sm dgn bone broth yg hrs kita minum ? Mks 😊
    J: Berbeda bu. Bone broth disini adl hsl rebusan tulang yg direbus lama..
  • T: Mlm bu Susan, mau tny. Apakah bnr semua ikan laut hrs d pantang? Bagaimana dg udang, cumi dan kepiting?
    J: Utk amannya diawal iya bu, terlebih lg bila disertai gejala eksim.  Dan sy kuatir cemarannya juga.
  • T: Saya sekalian mau tambah pertanyaan…apakah memang ikan air tawar lebih baik dikonsumsi daripada ikan laut? Ikan air tawar kan diberi makan pelet..jarang yang diberi makanan yg benar2…organic..
    J: Keduanya issuenya ada pd pencemaran bu, dan pd feedingnya. Utk ikan, trick nya adl pilih yg deep sea jk memungkinkan, utk laut maupun tawar pilih yg badannya kecil/ sedang (jgn yg besar), dan kenali supplier nya.
  • T: Slmt malam mbak Susan, kebanyakan dari penyintas pastinya mengkonsumsi Vit.D3.Apakah benar spy tdk mengendap di ginjal hrs dibarengi dgn minum suplemen omega agar vit.D3 larut dgn omega.Sblmnya trm kasih🙏
    J: Suplemen omega 3 mempunyai manfaat nya sendiri dlm menurunkan inflamasi bu, sehingga memang sering dianjurkan bagi AI (bukan dlm kaitan D3). D3 perlu dibarengi healthy oil, K2 dll.
  • T: Selamat malam mba susan, produk GMO itu apa ya? cara memilih produk bukan GMO bagaimana ya , trims
    J: GMO adl hsl rekayasa genetika bu (tdk alami/ di laboratorium). Berbeda dr kawin silang. Misalnya gen tanaman dgn gen bakteri, gen tanaman dgn gen serangga, dll. Produk GMO berbahaya bagi kesehatan secara umum. Contoh yg sering GMO adl saya, jagung, minyak canola, susu, pepaya california, pemanis buatan, dll.
  • T: mba susan kalau ikan deep sea selalu besar ikannya atau ada yang kecil? kenapa harus ikan yang kecil ya?
    J: Bila benar2 yakin deep sea, maka aman bu. Pelajari perairannya. Kenapa lebih baik kecil? Utk membatasi akumulasi cemarannya. Semakin besar ikannya, semakin tinggi kemungkinan level cemarannya.
  • T: Trm kasih mbak Susan🙏Sy mau bertanya lg kl msh mengkonsumsi D3 terkait dgn ket mbak Susan apa boleh ditambah dgn omega 3?
    J: Boleh mba. Pilih yg bagus kualitas suplemennya..
  • T: D3 perlu dibarengi healthy oil, K2…seperti penjelasan diatas. kalau boleh mohon jelasnya apa saja, maaf sy masih awam soal itu
    J: Utk membantu penyerapan D3 nya mba. Misalnya, konsumsi D3 bersamaan dgn VCO.

Leave a comment