Susan Hartono, MSc., C.Ht
Dewan Pembina Marisza Cardoba Foundation
Co-founder Self Awareness Network, Holistic Nutrition Coach, Praktisi Intuitive Healing,
Peneliti, Konsultan, Nara Sumber Nutrisi & Self Healing

I LOVE TO LEARN
WAG LDHS Family-IAC
Sabtu, 10 Juni 2017
Jam 12.00-14.00

LDHS Pilar no 4: Terus Belajar
  • Q : Selamat siang, Saya mau sharing dong. saya penderita lupus kurang lebih 9 tahun masih mengkonsumsi obat.kira kira bagaimana cara hidup sehat buat penyandang lupus mbak/buk?
    A: Halo, baiknya penyintas AI mengenali semua makanan dan zat pemicu flare, alergi, sensitifnya masing-masing. Secara umum, makanan yang harus dihindari adalah gluten, dairy (susu dan turunannya), dll tulisan yg sy *bold* pd materi diatas, mba.
  • Q : Tanya… Bu susan yg dimaksud  makanan bebas diary? non diary probiotik? Mohon informasi yg lebih jelas, terima kasih.
    A : Makanan dairy = makanan berbasis susu (dan turunannya).
    Non dairy= bukan terbuat/mengandung susu.
    Contoh probiotik non dairy: kefir kelapa, kefir air, kombucha, kimchi, sauerkrauts, dll.
  • Q : Holistic Nutrition macamnya apa saja??
    A : Dalam hal ini mencakup aspek nutrisi, emosi, dan chi mba. Intinya melihat permasalahan klien secara menyeluruh, bukan badan sendiri ataupun emosi sendiri- melainkan whole. Silahkan japri, jika masih ada yg ingin ditanyakan seputar holistik mba.
  • Q : Mbak Susan, bagaimana agar tidak dehidrasi? Padahal sudah minum 8 gelas saat sahur,berbuka, dan malam hari.
    A : Pertama-tama perhatikan apakah mba banyak konsumsi obat, stimulan (seperti teh, kopi) dan makanan yang terlalu asin. Jika ya, maka kurangi/hindari utk mengurangi dehidrasi.  Lalu perbanyak konsumsi soup, jus, kaldu, buah dan sayur.
    Q : Terimakasih mbak susan. Iya memang masih suka minum teh manis hangat kalo berbuka 😋 akan coba saya hindari.
  • Q : Bu Susan saya mau tanya 3 hal
    -Apa yang dimaksud dengan non dairy probiotik?
    -Bagaimana kita tahu itu produk GMO atau bukan?
    -Saat puasa kita sering mengantuk, apakah penyebabnya? Adakah makanan pilihan supaya bisa mengurangi rasa kantuk?😀
    A : Non dairy probiotik= probiotik yg dibuat bukan dari bahan susu. Contohnya: kefir kelapa, kefir air, kombucha, kimchi, sauerkrauts, dll minuman fermentasi yg tdk mengandung susu. Untuk mengetahui GMO/tidaknya, harus mengenali supplier masing-masing mba. Banyak berkomunikasi dan mencari tahu bibit yang mereka gunakan. Untuk mengurangi mengantuk adalah memprioritaskan kualitas makanan (sahur dan buka), kualitas tidur dan tetap berolahraga mba, selain niat dan ibadahnya. Intinya, apabila pola makan, tidur dan gerak saat puasa baik- maka puasa sebetulnya ya bisa tetap bersemangat/berenergi. Terlalu banyak konsumsi gula dan gorengan termasuk pemicu low energy/low mood saat berpuasa. Apalagi jika tidur pun kurang.
  • Q : Saya mau bertanya, saya sudah lama membatasi karbohidrat dan gula.. Waktu buka puasa bersama kemarin sempat “khilaf”, makan karbohidrat dan gula yang agak banyak malah terasa lemas dan berkunang-kunang. Kenapa ya?
    A : Lonjakan gula yang cepat/drastis memang memberatkan kerja hormon (insulin) dan metabolisme lainnya. Insulin pun bisa drop jika kita mengkonsumsi sangat tinggi gula (simple). Terlebih lagi biasanya ta’jil seperti itu selain tinggi gula juga tinggi lemak. Ini memberatkan kerja pencernaan.
  • Q : selamat siang mbak susan, saya ingin bertanya contoh makanan dairy probiotik itu ada pada makanan apa mba? terima kasih mba 🙏🏻
    A : Siang, untuk AI baiknya berhati2 dengan yang dairy (berbasis susu), contohnya yoghurt dan kefir susu. Justru relatif lebih aman, memililih yang non dairy probiotik, seperti kefir air kelapa, kefir air, fermented drinks lainnya yang bukan susu ataupun sayuran probiotik.
    Q : mba susan, kefir air seperti apa mba? air putih dengan lemon? seperti infused water mba? terima kasih mba susan 🙏🏻
    A : Minuman kefir dibuat dgn menggunakan bibit kefir (kefir grain) mba. Kefir air, basisnya air atau bisa jus/infused water/herbal. Kefir kelapa basisnya air kelapa. Kefir susu basisnya susu sapi/kambing. Coba google manfaat kefir, banyak di internet mba.
  • Q : Met siang dokter ,mau nanya, dengan kondisi gigi & gusi yg lagi bermasalah yang suka berdarah & thrombo yang lagi rendah  bagaimana tipsnya agar bisa berpuasa seperti biasa? Saya kerja dari jam 12 siang -10 malam bagaimana cara yang baik mencukupi  waktu istirahat saya di bulan puasa ini?Makasih sebelumnya🙏🏻
    A : Hallo mba, pertama-tama jangan terlalu memaksakan diri. Apakah sebelumnya dalam keadaan ini, mba sudah pernah berpuasa?
    Q : Puasa 2 tahun belakangan lancar-lancar aja mbak, namun memang tidak dalam kondisi seperti sekarang. Karena 2 tahun belakangan masih konsumsi steroid dosis besar 2x16mg ,sekarang steroid hanya 1x8mg.
  • Q : Selamat siang bu Susan, Saya mau tanya yang mengenai konsumsi non dairy probiotik, itu maksudnya bagaimana ya bu?
    A : Siang bu, non dairy probiotik contohnya minuman/makanan fermentasi yang tidak berbasis susu. Contohnya kefir air, kefir kelapa, kimchi, sauerkrauts, miso, dll.
    Q : Berarti kalo misal air kelapa hijaunya aja boleh ya bu? Saya sedang dalam pengobatan untuk menetralisir obat-obat yang selama lebih dari  4 tahun ini saya minum (karena saya ITP) bu, yaitu dengan konsumsi air kelapa obat sehari 3x namun dibakar bu, namun karena kondisi puasa jadinya hanya 1x dalam sehari, sorenya saja, itu bagaimana tidak apa bu? Karena saya mau tubuh saya bersih dari obat-obatan bu, karena ada rencana mau hamil, insyaAllah jika diberi 😊
    A :Boleh bu
  • Q : Bu susan dairy probiotik itu apa?
    A : Dairy probiotik yang umum adalah yoghurt dan kefir susu.Q : Yoghurt gak boleh ya bu susan?
  • A : Bagi AI, biasanya tidak bisa mba. Tapi tiap orang unik, coba rasakan tubuh masing-masing.

Q : Klo kefir ga boleh ya?? Kalo teh kombucha gimana?

A : Kefir kelapa? Atau susu? Untuk AI, baiknya waspada karena kombucha termasuk wild fermentation (tidak dapat dikontrol). Rasakan tubuh masing-masing.

Q : Kelapa. Kalo dari susu gimana??

A : Kefir kelapa aman mba. Walau sekali lagi, rasakan tubuh masing-masing. Karena berbasis susu, penyintas AI, baiknya hati-hati, karena casein dan lactose yang ada pada susu, juga situasi sapi/susu itu sendiri.

Q : Dan untuk dessert nya sebagai takjil, itu sebaiknya apa saja ya bu? Mohon petunjuknya ya bu, Terima kasih sebelumnya 🙏🏻😊

A : Bubur kacang hijau/lentil/hitam/merah dll dgn santan segar dan hanya gunakan pemanis sehat bila perlu saja, kacang arab, buah2an, pisang rebus/kukus, smoothies dari susu almond+ cincau+selasih/chia seeds, kolak dgn santan segar, sup buah…dll

Intinya, hanya menggunakan gula sehat bila perlu dan bahan2 yg fresh; bisa ditambah herb dan spice sesuai selera utk menguatkan stamina.

  • Q : Mbak Susan, kenapa ya kalo saya puasa jadinya suka masuk angin?
    A :Ada kemungkinan pola makan ibu keseharian masih belum optimal kecukupan gizi mikronya, lalu ketika ibu berpuasa, sistem kekebalan tubuhnya lebih ‘berat/lelah’ lagi. Ini perlu ditelaah keseluruhan pola makan sebelum puasa dan saat puasanya mba. Lalu perhatikan apakah minumnya saat puasa sering (lbh sering) yang dingin-dingin, apakah kurang tidurnya, apakah konsumsi terlalu banyak gula saat berbuka.
  • Q : Selamat siang dokter susan, selama puasa berarti ga makan nasi ya dok?
    A : Siang, nasi bisa bagi yang masih harus nasi😊…namun pelan-pelan mengubah paradigma karbo dari piramida sebagai makanan utama, menjadi hanya konsumsi karbo secukupnya saja.
  • Q : Siang dokter Susan, apakah baik jika selama berpuasa tidak mengkonsumsi nasi?
    A : Siang, jika seseorang tidak lagi mempunyai mindset ‘harus makan nasi baru terasa makan’, maka tidak masalah sama sekali tidak mengkonsumsi nasi. Dapat diganti karbo-karbo lain yang relatif aman bagi AI, spt ubi, singkong, sorghum.
    Q : Kebetulan saya termasuk orang yang gampang banget kurus…dan memang sekarang juga udah kurus sih☺😁😊 kalau pada saat sahur hanya makan sayur dan buah…bagaimana dengan saya yang kurus ini dok😁??? 🙏🏼🙏🏼 Kebetulan gula darah saya rendah dokter,…untuk gula darah yang rendah apa penggunaan gula juga tidak diperbolehkan dokter? Sudah 1 thn ini untuk asupan gula saya ganti dgn gula aren atau madu…dan memang terkadang suka lemas dan keringat dingin dok.
    A :Oya mba, tidak apa-apa untuk mba mengkonsumsi yang padat dan sarat nutrisi, seperti ada protein dan minyak sehatnya saat sahur. Karena yang paling baik, adalah mendengarkan suara tubuh masing-masing. Yg penting ditekankan adalah kualitas bukan kuantitas. Penggunaan gula simple, baiknya tetap seperlunya sj mba.  Perhatikan asupan keseluruhannya, spt karbo yg kompleks tinggi serat, protein cukup dr sumber2 yg baik dan kurangi stimulant (jika ada). Misalnya 2 sdm madu/hari, secara umum, msh bisa. Pilih sumber pemanis yg kaya gizi dan natural, spt kurma dan raw honey. Baru kemudian gula kelapa, gula aren organik, dan sirup sorghum jk memang perlu.
    Q : Apa sebaiknya untuk masalah BB ini saya konsul ke ahli gizi ya dok?
    A : Bisa japri lbh lanjut mba. Jk memang dirasa perlu, memang baik juga kita tinjau secara detail penyebab underweight nya.
  • Q : Siang dr. Saya semenjak puasa lidah putih2 begitu Apa penyebabnya ?
    A : Ini bisa krn bakteri/ jamur; mgkn sistem imun agak drop mba.
    Coba perbanyak sayur, air kelapa, probiotik non dairy dan VCO atau minyak alpukat. Dan pastikan sarat gizi saat sahur dan bukanya. Juga kejar minum air putihnya sebesar2nya.
  • Q : Siang bu Susan.
    Sering dengar bhw penderita rematik dan asam urat tinggi harus menghindari makanan kacang2an.
    Klu penderita RA apakh sama? (Selain kacang tanah, apakah boleh makan kacang almond, kacang mete, kacang kedelai,kacang merah ,kacang hijau dll?)
    A : Betul bu, terlebih lagi jenis legumes. Baiknya berhati2/hindari kacang hijau, kedelai, merah dan kacang tanah (ini legumes).
    Kacang almond, mede, brazil nuts, dll (=kacang), biasanya msh bisa.  Utk RA, intinya, juga perlu mengikuti pola makan aman utk AI, bu.
    Q : Oh, mungkin kmrn mkn kuah kacang kedelai, kmrn mlm sd pagi ini sendi 2ku ngilu2.
    Berarti jg hrs hindari tempe n kecambah jg.Thks ya bu Susan. Ohya bu, apa itu smoothie buah?
    A : Oo..iya mba…Tempe non gmo organik biasanya msh bisa/relatif aman mba.Misalnya buah naga+nanas diblender dgn cincau plus chia seeds/selasih vco. Itu sekedar contoh sj mba.
    Q : Chia seeds sama dengan selasih kah dok ?
    A : Tdk persis sama mba; chia seeds import, selasih lokal.  Chia seeds lbh diambil manfaat serat dan omega 3 nya, baik utk menurunkan trigliserida, LDL, kesehatan jantung dan jg manfaat2 lainnya. Selasih lbh diambil utk detox, kesehatan tulang, dll. Keduanya bermanfaat utk mengontrol gula darah dan baik utk pencernaan.
  • Q : Sy disiplin LDHS Alhamdulillah stabil dan bs puasa… Hari kesepuluh sy berpuasa kmrn tiba2 sy mual dan muntah keluar darah gitu… saya segera ke igd.. setelah observasi kt dokter itu efek obat penekan imun yg menimbulkan luka di lambung.. bagaimana cara mengatasinya?
    A : Dlm keadaan spt ini, fokus dulu utk healing lambungnya mba. Sy rasa, baiknya tdk berpuasa dulu sampai lambung baik kembali.
    Makan yg lunak/mudah dicerna, banyak minum yg hangat2, konsumsi raw honey, perbanyak kunyit dlm masakan2, perbanyak buah yg tdk asam dan jus sayuran yg mudah dicerna (dan jgn diambil seratnya/bukan blender), dan perbanyak tidur.
    Q : Terimakasih sarannya mbak susan… dokter jg kmrn ksh saran sy utk tdk berpuasa dl… tp sy ttp berpuasa…
  • Q : selamat siang dok , kalo yang saya rasakan tekanan darah rendah terus , dan trombo mulai rendah karena sering terjadi pendarahan pengalaman tahun lalu karena kelelahan , tahun ini sudah mencoba jaga pola istirahat dan ber ldhs , namun masih mengalami keluhan tsb
    A : Jika rasanya belum siap, jgn diforsir berpuasa penuh mba. Mungkin bisa berpuasa 1/2 hari dulu.
    Perlu bersabar menemukan pola makan yg terbaik utk mba terlebih dahulu, dlm keseharian. Gizi mikro (mineral, vitamin), perlu dioptimalkan dulu agar tubuh bisa lebih fit.
  • Q : Gmn wkt yg tept untk minum vco…dan brp kali…
    A : Bagi yg blm pernah mencoba VCO, coba sedikit2 sj dulu, spt 1 sdt dulu, lalu pelan2 bisa ditingkatkan jumlahnya. VCO bisa diminum langsung, dan utk campuran jus, smoothies, soup, salad, dll. Sebaiknya tdk lbh dr 6 sdm/hr.
    Spt biasa, selalu rasakan dan kenali tubuh masing2.
    Vco jg baik utk oil pulling.
    Q : Trims…DR….Owh ya dok. jus buah apa sebaiknya di minum sebelum makan..?
    A : Jus buah maupun buah potong, sebaiknya diminum/makan tdk dekat makan (1 jam sblm makan, atau 2 jam setelah makan).
  • Q : Selamat siang bu Susan ,,apakah cara pembuatan pocari itu bisa langsung diminum atau di biar kan selama beberapa jam gitu..mksh
    A : Bisa lgsg diminum bu.

Leave a comment